Kesulitan Uang, Korea Utara Pangkas Oplah Harian Propagandanya


Sanksi Dewan Keamanan PBB terhadap Korea Utara telah berdampak buruk pada oplah surat kabar propaganda negara itu, harian Rodong Sinmun yang terpaksa oplahnya dipangkas sebanyak dua pertiga.
Seorang sumber media Korea Selatan, Chosun Ilbo, 22 Februari 2018 menuturkan, pemerintah Korea Utara terpaksa memangkas 400 ribu eksemplar surat kabar Rodong Sinmun dari yang oplahnya selama ini 600 ribu.
Sehingga oplah surat kabar itu sekarang tinggal 200 ribu esksemplar. Selain itu, pemerintah Korea Utara juga menghentikan pengiriman surat kabar itu ke rumah pelanggan.

Surat kabar propaganda Korea Utara ini disuplai oleh Departemen Propaganda dan Agitasi Partai Pekerja yang dipimpin oleh Kim Yo Jong, adik kandung Kim Jong Un, saat ini memimpin Korea Utara.
Selama ini, setengah dari seluruh produksi surat kabar yang didirikan tahun 1945 ini diimpor dari Cina. Dengan penerapan sanksi dari Dewan Keamanan PBB, Korea Utara kesulitan mengimpor bahan bakunya.
"Surat kabar bukan item yang ada dalam daftar terlarang, namun sepertinya Korea Utara tidak cukup punya mata uang asing untuk membelinya," kata seorang peneliti di lembaga penelitian milik pemerintah Korea Selatan.
Korea Utara dihujani berbagai sanksi internasional maupun sepihak Amerika Serikat dan Korea Selatan lantaran menolak mengakhiri uji coba senjata nuklir dan bom hidrogennya.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Kesulitan Uang, Korea Utara Pangkas Oplah Harian Propagandanya"

  1. Steel Wire | Titanium Wire | The Official Titanium Wire
    Titanium Wire, the official Titanium Wire for today's columbia titanium T-Mobile & NextGen 출장안마 Wireless devices. Made ford edge titanium of the finest steel micro touch trimmer wire. Use our standard 9V, DC  Rating: 4.9 · ‎14 reviews titanium i phone case

    ReplyDelete